SAKLAR ELEKTRONIK

Sensor cahaya

Sesor ini dapat di aplikasikan dengan menggunakan microcontroller dan dapat juga diaplikasikan dengan rangkaian elektronik lainnya. Prinsip kerja rangkaian ini yaitu apabila cahaya laser yang menuju LDR terhalangi oleh sesuatu, maka rangkain ini menjadi berlogika 0. Berikut gambar rangkaiannya:




Sensor sentuh sederhana

Rangkaian darlington yang sedikit dimodifikasi dengan beberapa resistor yang dibuat menjadi sebuah rangkaian elektronik, yang bisa digunakan untuk pensaklaran otomatis. Prinsip kerja rangkain ini yaitu apabila RS mendapat sentuhan tangan, maka rangkain ini menjadi berlogika 1. Berikut gambar rangkaiannya:




Untuk mengatur besar kepekaan “sensor sentuh sederhana”yaitu dengan mengatur (memperbesar atau memperkecil nilai hambatan RG), semakin kecil nilai hambatan RG maka semakin besar kepekaan sensor sentuh sederhana dan begitu pula sebaliknya.


Rangkaian pembalik motor

Rangkain ini biasanya digunakan untuk mengatur (memutar balikkan) arah putaran motor DC dan juga biasanya rangkaian ini diaplikasikan bersamaan dengan microcontroller. Berikut gambar rangkainnya:




Semoga berguna dan selamat mencoba!!!




Comments

Popular posts from this blog

PETUNJUK PRAKTIS SERVIS HP (ERICSON)

SENSOR

KLASIFIKASI PENGUAT AUDIO